iklan

SUBHANALLAH! Sebanyak 19.544 Siswa di Jakarta Berebut Masuk Madrasah Negeri

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
SUBHANALLAH! Sebanyak 19.544 Siswa di Jakarta Berebut Masuk Madrasah Negeri


Jakarta - Kepala Bidang Pendidikan Madrasah DKI Jakarta Karsa Sukarsa mengatakan antusiasme siswa yang ingin melanjutkan ke madrasah melalui sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Madrasah Negeri cukup besar. Pasalnya, sejak dirilis 18 April hingga 26 April 2017, jumlah pendaftar tercatat sebanyak 19.544.

"Angka tersebut merupakan jumlah keseluruhan dari semua jenjang, meliputi MI, MTs dan MA," ucap Karsa, seperti dikutip dari siaran resmi Kementerian Agama, Kamis, 27 April 2017. Dari sejumlah itu, 18.374 formulir sudah dilengkapi.
Baca Juga : Jangan Dilewatkan! Kisah ini Bukti Bahwa PTSD Bisa Diturunkan Ke Anak?
Karsa berujar, target peserta PPDB Online Madrasah Negeri di DKI Jakarta adalah para peserta didik lulusan TK/RA, SD/MI, dan SMP/MTs negeri atau swasta. Pendaftar akan diseleksi dan diluluskan menurut kuota yang tersedia.

Adapun kuota penerimaan PPDB tahun 2017 untuk tingkat MIN sebanyak 1.728 siswa, tingkat MTsN 6.946 siswa, dan tingkat MAN 4.056 siswa. "Jadi total keseluruhan kuota penerimaan PPDB Online Madrasah DKI Jakarta tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 12.740 siswa," tuturnya.


Untuk saat ini, pendaftaran online tingkat MTsN sudah ditutup. Pengumuman seleksi tahap pertama pun sudah dilakukan. Untuk tingkat MIN, pendaftaran online tutup pada 29 April mendatang. Sedangkan untuk tingkat MAN, pendaftaran online tutup tanggal 12 Mei mendatang.

Menurut Karsa, proses seleksi terdiri atas dua tahap. Tahap Pertama adalah seleksi nilai rapor dengan sistem kuota, masing-masing 50 persen untuk siswa yang berasal dari madrasah dan dari sekolah umum. Jika tidak terpenuhi, akan bergeser sesuai dengan jumlah siswa yang mendaftar. "Misal, jika kuota siswa yang berasal dari madrasah tidak terpenuhi, kekurangannya diisi siswa dari sekolah umum," katanya.
Baca Juga : SUBHANALLAH! Bocah dengan Tumor Sebesar Kepala ini Mempunyai Impian Ingin Sekolah
Tes kedua adalah potensi akademik dengan soal yang dikerjakan calon peserta akan disamakan di semua wilayah. Karsa berharap PPDB Online Madrasah tahun ini berjalan dengan baik sehingga dapat memudahkan akses masyarakat dan meningkatkan mutu layanan publik. Dengan sistem online, masyarakat tidak perlu antre dan bolak-balik.

"Dengan sistem online, daftar di mana saja bisa, tidak terbatas oleh ruang dan waktu, sehingga mempermudah masyarakat dan meningkatkan akuntabilitas," ucapnya.


Sumber : metro.tempo.co
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "SUBHANALLAH! Sebanyak 19.544 Siswa di Jakarta Berebut Masuk Madrasah Negeri"

Posting Komentar